11 Tips Memperpanjang Usia dan Merawat Baterai Laptop

Merawat Baterai Laptop – Teknologi yang di benamkan pada baterai laptop dari hari ke hari semakin canggih, pengalaman produsen tentang problem yang sering di temukan dalam baterai laptop, pelan tapi pasti ditemukan solusinya.

Merawat Baterai Laptop

Namun Merawat baterai laptop tetap saja bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan pengguna yang notabene murni sebagai user saja, tanpa bisa melakukan konfigrasi lebih dalam dalam perawatannya. sehingga user tetap merasakan bahwa baterai laptop cepat habis.

karena sekalipun teknologi yang di benamkan pada Baterai laptop tersebut sudah sangat baik, namun hampir semua produsen memberikan settingan default pada laptopnya, sehingga perlu lagi konfigurasi tambahan, agar teknologi tersebut bekerja semakin baik.

berikut kita akan ulas, bagian-bagian mana saja, yang perlu konfigurasi agar bisa memperpanjang usia baterai laptop anda. ilustrasi gambar menggunakan Mac OS, namun penerapan settingan dan atau konfigurasi ini juga hampir sama dengan OS windows

Tips Merawat Baterai Laptop

#1. Matikan Wifi

sitename
source:wikihow

jika Anda tidak ingin menggunakan jaringan internet dalam beberapa waktu. ada baiknya anda mematikan Wifi dari laptop anda. karena Kondisi signal naik turun juga mempengaruhi kinerja baterai laptop

Baca Juga  2 Metode Cara membuat Sticker Di Whatsapp

#2 Turunkan Level Volume, Atau posisikan Volume dalam Posisi Mute

mungkin bagi anda ini hal yang jarang di perhatikan. Namun kondisi volume high atau dalam kondisi on, tetap bisa mempengaruhi kinerja baterai laptop anda.

sitename

pesan error atau bunyi Beep pada laptop bisa saja sering terjadi selama penggunaan, nah, kondisi demikian sedikit menambah beban baterai pada motherboard laptop anda

#3 Turunkan Kecerahaan layar Laptop

Selain HDD atau SDD yang banyak mengkonsumsi daya baterai, layar laptop merupakan yang paling besar dalam menggukan daya baterai laptop anda.

sitename

dengan menurunkan kecerahaan layar, maka konsumsi baterai pada bagian ini akan sedikit, dan tentunya ini sangat mempengaruhi usia baterai anda. merawat baterai laptop bisa dilakukan sendiri bukan?

#4 Melakukan Pekerjaan Tunggal (Single Task)

Komputer modern, memang memiliki kemampuan multi tasking yang sangat mumpuni, namun perlu di catat bahwa, ini hampir berbanding lurus dengan konsumsi baterai.

sitename

merawat baterai laptop dengan cara melakukan tugas tunggal atau Single Task, yaitu dengan mematikan aktivitas atau software lain yang tidak di gunakan secara bersamaan, misalnya jika anda ingin nonton Film, maka ada baiknya semua aplikasi lain yang sedang berjalan seperti, Office, Photoshop, browser di matikan,

alih-alih ingin melakukan multitask, tapi ini malah menguras baterai laptop .

#5 gunakan Aplikasi atau software Ringan yang tidak menggunakan banyak RAM

Install software berdasakan spesifikasi dan kemampuan laptop anda. jangan memaksakan menginstall software atau game berat pada laptop dengan spesifikasi biasa (Consumer Laptop).

#6 Hindari penggunaan pada Suhu Ekstrim

gunakan laptop anda pada suhu ruangan, penggunaan pada luar ruangan, atau pada suhu panas, pastinya akan menguras konsumsi daya baterai laptop anda.

Baca Juga  Redmi 8A Pro Satu diantara 4 Produk Yang di luncurkan Xiaomi

nah, jika terpaksa harus menggunakan laptop di panas terik, merawat baterai laptop bisa juga dengan cara menggunakan Fan pad, atau kipas pendingin dan Blower, atau penyedot panas yang bisa anda dapatkan di marketplace atau toko komputer

sitename

#7 Aktifkan Energy Saver

Langkah ini terbilang simpel, karena tidak perlu konfigurasi yang sulit. cukup aktifkan manajemen daya, yang sudah ada pada sisem operasi bawaan laptop anda, pada OS windows anda bisa melihat settingan ini pada Control panel – Power Options, Sedangkan pada Mac OS bisa di lihat pada System Preferences – Energy Saver.

sitename
source : Wikihow

#8 Lepaskan Perangkat luar sepert Flashdisk, atau external drive lainnya.

jika sudah tidak digunakan lagi untuk beberapa waktu, ada baiknya di lepaskan, karena jika tetap terkoneksi, maka akan selalu ada supply daya ke perangkat tersebut.

sitename

#9 Jangan Menggunakan piringan CD atau DVD terlalu Sering

Jika memang anda mempunyai data pada optical Disc baik CD maupun DVD, ada baiknya di Copy dalam Hardisk internal, atau di FlashDisk anda.

karena Drive optik terlalu banyak menghabiskan daya ketika, memutar CD atau DVD. hindari penggunaan Optical Drive ini

sitename

#10 Gunakan Cooling Pad

menggunakan Cooling pad, merupakan cara merawat baterai laptop secara praktis. penggunaan Cooling pad, membuat suhu baterai itu sendiri tidak mengalami panas berlebih atau Overheat

#11 Hindari menggunakan Bantal atau kasur, atau kain lembut lain

Nah ini yang mungkin sering anda atau kebanyakan orang lakukan dan tidak menyadari bahwa ini bisa membuat baterai laptop cepat habis, dan tentunya memperpendek usia baterai.

menempatkan laptop pada media tersebut, seperti bantal, kasur, banket, atau kain lembut lainnya, memicu panas berlebih pada laptop anda. dan ini memungkinkan usia baterai anda menjadi lebih pendek.

Baca Juga  Ini dia Sistem Operasi Terbaik untuk Programmer
sitename

Tempatkan atau bekerjalah dengan laptop pada meja atau media rata lainnya

Berikut rangkuman Tips Sederhana lainnya untuk Merawat baterai laptop anda

Tips Sederhana lainnya

sitename

Baca Juga artikel menarik lainnya berikut ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *