Tips dan Panduan memilih Laptop Untuk Pemula

Panduan memilih Laptop –

Halo Sobat DB, dua bulan lebih sedikit kita akan memasuki tahun baru, Tahun 2021 – apakah kita masih tetap melakukan aktifitas dari rumah? seperti berikut ini

  • work from home
  • School from Home
  • Teleconference
  • meeting from home

sepertinya masih Sob, karena pandemi ini belum bisa di pastikan kapan akan berakhir. kita berharap akan segera berakhir dan kita kembali beraktivitas dengan leluasa.

Nah, dimasa pandemi seperti ini yang segala sesuatunya d lakukan dari rumah. kami mencoba memberikan sebuah artikel menarik kepada sobat DB, yaitu tips dan Panduan memilih Laptop secara khusus buat pemula atau anda yang ingin upgrade laptop.

Kebutuhan perangkat komputer portable ini, menjadi sangat penting di akhir-akhir ini. hal ini tentunya beberapa atau kebanyakan dari anda akan kebingungan perangkat laptop yang tepat yang anda harus pilih untuk menunjang produktivitas tentunya.

Catatan Penting sebelum anda membaca lebih lanjut

Tips dan panduan ini untuk membeli laptop konsumer bukan bisnis atau komersial dan berbasis windows.

Kenapa berbasis windows? karena pilihan ini tentunya jauh lebih sulit dibandingkan membeli produk dari Apple seperti macbook air atau macbook pro, jika anda ingin membeli produk apple, cukup tentukan budget dan pilihanya berikutnya adalah mau yang tipis kencang, atau mempunyai performance tinggi.

berbeda dengan laptop berbasis windows, ketersediaan budget bukanlah salah satu pertimbangan penting, namun hal lain seperti kepandaian membaca spek serta banyaknya brand, tentunya membuat sebuah keputan menjadi tidak mudah.

Oke, seperti catatan diatas, bahwa kita akan mengulas tips dan panduan memilih laptop konsumer berbasis windows, maka silahkan simak ulasan lengkap berikut ini.

Ulasan ini sengaja di buat step by step sedetail mungkin agar anda bisa mengambil keputusan yang tepat.

Tips dan Panduan memilih Laptop Konsumer berbasis windows

kita akan membahas beberapa hal penting mengenai pengetahuan seputar teknologi dari laptop itu sendiri

#1. Berdasarkan Bentuk dan fungsinya

ada 2 jenis kategori pada bagian ini. secara khusus laptop konsumer.

Laptop biasa (Clamshell dan Convertible)

Disebut juga laptop Classic dan mengutamakan Prinsip Portable, pada laptop ini hal terpenting yang di butuhkan adalah kemudahan dibawa kemana-mana, ringan, dan beratnya sekitar 1-1.5 Kg, laptop standard dengan berbagai varian tentunya.

Di tahun 2020 ini banyak brand yang mengeluarkan produk laptop kategori ini dengan berbagai model seperti model convertible, yang bisa berubah menjadi tablet atau laptop 2 in 1.

Kenapa laptop 2 in 1 masuk kategori laptop biasa, karena dilihat dari segi bentuk dan fungsinya laptop ini mudah di bawa-bawa serta ringan. Walaupun seiring dengan harga dan teknologi yang di tanamkan bisa menjadi laptop high performance.

Baca Juga  Ini Daftar Niche Situs Menguntungkan dan Langkah Monetisasinya

Laptop High Performance

Nah, laptop ini memang di butuhkan untuk mudah di bawa-bawa, namun kebanyakan, di perlukan untuk bekerja tidak dengan unit baterainya, penggunaan dengan baterai hanya sesekali.

Karena kebanyakan laptop high performance ini di butuhkan untuk melakukan tugas-tugas berat, seperti editing, game, atau desain.

Laptop jenis ini banyak di pakai menjadi laptop content creator atau juga laptop gaming. dengan berat biasanya di 2 kg keatas.

baca juga mengenai cara merawat laptop

Clamshell

Sebutan untuk laptop dengan bentuk standard, layar tegak atau bisa lurus dengan sejajar dengan Keyboard

Convertible

laptop yang bisa di tekuk 360 derajat, layar Touchschreen atau bisa menjadi tablet serta beberapa support dengan Pen atau Stylus
Panduan memilih Laptop

#2. Storage

pada bagian ini menurut kami di tahun 2020 ini tidak bisa di tawar lagi setiap laptop yang anda beli HARUS memiliki storage berupa SSD (Solid State Drive) Sudah tidak jaman lagi anda memilih laptop dengan Storage HDD

sitename

jika anda masih berpikir menggunakan hardidsk lebih murah?? coba pikir ulang lagi. mungkin lebih tepatnya terjangkau, tapi tidak lebih murah.

karena kualitas tidak sebanding dengan performa yang anda harapkan dari laptop anda.

dengan penggunaan SSD anda tidak perlu lagi kuatir, mengenai posisi laptop anda ketika bekerja, miring, goyang-goyang. berbeda dengan penggunaan masih dengan HDD, akan ada saja resiko yang muncul ketika bekerja, posisi harus rata, atau jangan terlalu bergoyang saat posisi menyala.

Anda bisa memilih kapasias, mulai dari 128 GB sampai dengan 1 TB, sesuaikan dengan budget anda.

oke, Panduan memilih Laptop berikutnya adalah menentukan kapasitas RAM

#3. Kapasitas RAM

jika anda menggunakan untuk pekerjaan office, browsing atau pekerjaan tidak berat lainya, maka kapasitas paling aman paling minimum adalah 4GB.

Ini merupakan minimum requirements, dengan melihat perkembangan aneka aplikasi dan software yang akan anda gunakan. 4GB ini pun harus di padukan dengan SSD storage, kenapa? karena ketika Ram Anda mengolah data sudah penuh, maka CPU bisa mengalihkan proses penyimpanan sementara ke SSD.

Kapasitas RAM 8GB Cukup untuk Office dan sedikit penggunaan aplikasi Editing Foto. (Editing Foto ya, BUKAN VIDEO) dan untuk Gaming, RAM 8GB juga masih tergolong minimum requirements, karena paling ideal untuk gaming adalah kapasitas RAM 16GB

nah, bagi anda konten kreator, harus bisa membuat RAM anda di kapasitas 16GB, untuk pilihan slotnya, saran paling tepat adalah dual channel.

Kenapa Dual Channel? karena baik intel maupun AMD, optimasi processing jauh lebih baik ketika menggunakan RAM dengan Dual Channel dibandingkan Single Channel.

#4. Layar

Nah, pada bagian ini, Resolusi layar makin tinggi pikselnya, maka tentu saja makin bagus.

Resolusi layar yang sering kita dengar adalah

  • Full HD = 1920 Piksel x 1080 piksel
  • 4K atau UHD = 3840 piksel x 2160 piksel
Baca Juga  6 Langkah Mudah Menghapus Pesan WA Yang Sudah Terkirim

Full Hd sebenarnya, paling di rekomendasikan dari sisi harga dan juga kemampuan performanya.

namun jika anda memilih laptop yang memiliki resolusi 4K, selain lebih mahal, juga lebih boros baterai.

Berikutnya Tipe panel layar. beberapa tipe layar yang kita kenal pada laptop berbasis windows diantaranya :

  • Panel layar IPS
  • panel Layar TN
  • Panel Layar OLED

Panel layar IPS layar ini paling di cari, karena memiliki sudut pandang yang baik, dan akurasi tampilan warna juga sangat baik. masuk sebagai kategori layar terbaik, Namun, untuk penggunaan sebagai layar gamin, bukanyang terbaik, karena respond time yang masih tergolong banyak Delay

Panel Layar TN (twisted nematic) termasuk tipe layar yang sedikit membingungkan tapi unik, artinya, kualitas layar dan akurasi warna, bukanlah yang terbaik, karena dipakai editing, atau sekedar buat nonton belum begitu memuaskan. tapi memiliki respon time yang terbilang sangat baik dan cepat. cocok untuk gaming sebenarnya.

namun, karena termasuk panel yang murah, maka peruntukannyapun rata-rata untuk laptop murah. ukuran resolusi biasanya di 1366 piksel x 768 piksel.

Panel Layar OLED merupakan layar impian, karena memiliki sudut pandang baik, respond layar rendah. namun rata-rata, tipe layar ini ada di laptop kelas menengah keatas

#5. Processor

Pada Bagian ini kita bagi dari 2 produsen besar yaitu Intel dan AMD

Processor Intel

Untuk intel minimum proscessor rekomendasi kami adalah intel celeron Core Base (klik link). tidak kita rekomendasikan untuk seri N Celeron (N4000, N4010, dll)

Processor AMD

nah, untuk AMD, kita merekomendasikan paling minimum adalah dari Seri AMD Athlon terbaru. yang berbasis arsitektur Zen. tidak di rekomendasikan Seri A atau E dari AMD.

ini adalah rekomendasi processor laptop paling minimal ya, ketika anda memilih diatas itu udah pasti lebih baik, misalnya intel Core (i3,i5,i7 dll) atau dari AMD (Ryzen 3,5,7 dll)

panduan memilih laptop berikutnya adalah memilih VGA

#6. Grafis atau VGA

pada bagian ini kita bahas menjadi 2 bagian yaitu laptop office dan Gaming.

Sistem grafis apapun akan cocok dengan pekerjaan office dan editing foto, nah, kalau untuk gaming, yang paling cocok adalah dual VGA, GPUnya terpisah sistem grafisnya

grafis laptop terbaik

GPU terpisah dari sitem grafis, selain bagus untuk gaming, juga sangat bagus untuk rendering video, hal ini akan sangat membantu proses rendering video anda, secara khusus buat anda content creator.

#7. Range Harga

Pada bagian ini adalah implementasi dari apa saja yang kita bahas diatas, yang merupakan inti dari panduan memilih laptop. Dengan budget yang anda miliki, laptop sepertiapa yang tepat untuk anda beli, Standard, Highperformance, atau Gaming

Dibawah 4 juta

tidak banyak rekomendasi laptop di kisaran harga 3 jutaan ini. tapi jika anda benar-benar hanya memiliki budget seperti itu, maka memilih laptop dengan prosesor intel Celeron Seri N (N4000,N410 dll) sudah oke.

pilihan Ram tetap di 4 GB, sangat bersyukur jika anda sudah mendapat yang menggunakan SSD untuk storagenya. tipe layar biasanya masih di TN (1366 x768 px)

sitename

4 juta – 6 juta

pada bagian ini, bisa menjadi pilihan serius jangka panjang buat anda, disini letaknya varian laptop murah meriah, Tapi… di harga ini belum ada jajaran Laptop gaming.

Baca Juga  Mi Mix Alpha Ponsel Futuristik di Era 5G

jadi jangan berharap lebih, mendapatkan laptop gaming pada range harga ini.

Rekomendasi processor adalah AMD athlon dan Intel Pentium Gold, RAM 4 (Upgrade-able ke 8GB) GB dan SSD sudah mendapatkan yang 256 GB, Layar masih rata-rata di TN

Nah,jika anda bisa menggali detail, ada bberapa brand yang menawarkan Office Gratis di rentang harga laptop ini. lumaan irit 1-7 jtaan untuk mendapatkan office resmi.

6 Juta – 8 Juta

Dengan Budget seperti ini sudah bisa mendapatkan spesifikasi laptop seperti berikut ini :

  • Intel Core i3, i5
  • Ryzen 3, Ryzen 5
  • Grafisnya sudah pake NVIDIA
  • RAM 8GB dual Channel
  • SSD 512 GB
  • dan beberapa brand sudah ada tambahan GPU
  • tipe layar, sudah dapat yang FHD IPS
  • Garansi biasanya jauh lebih panjang bisa 2 Tahun atau lebih

8 Juta – 10 Juta

ini sudah memasuki pilihan serius. dengan budget sejumlah ini laptop apa yang bisa anda dapatkan.

sitename

Yang pasti anda sudah bisa mendapatkan laptop high performance atau laptop gaming

  • GPU Terpisah dari sistem grafis untuk processor intel
  • Sudah Convertible juga
  • Processor Intel Core i5
  • Processor AMD Ryzen 5 4000 series
  • RAM 8GB
  • SSD 512GB

10 Juta – 15 Juta

Budget sejumlah ini spesifikasi yang bisa anda dapatkan diantaranya

Untuk Laptop Biasa

  • Processor Core i5/Core i7/ Ryzen 7 Seri 4000
  • RAM 8 GB
  • SSD minimal 512GB
  • Layar sudah 72%NTSC atau 100%sRGB

Untuk Laptop Gaming

  • Core i7 dan Ryzen 7 series 4000
  • RAM 16 GB
  • SSD 512 GB keatas
  • GPU minimal GTX 1650

15 Juta – 20 Juta

Ini merupakan jajaran lapto premium, tapi masih tergolong terjangkau. jadi budget anda sejumlah ini, sudah mendapatkan spesifikasi seperti :

  • Processor Core i7 dan Ryzen 7 seri 4000
  • RAM 16 GB
  • SSD 1TB
  • Grafis Geforce GTX 1660 Ti/ RTX 2060
  • 100% sRGB layar
  • Garansi Extra (Sangat Penting)
  • GPU terpisah (Wajib)

Diatas 20 juta

Hampir tidak ada Spesifikasi khusus rekomendasi di range harga ini. kenapa?

Karena kita butuh laptop yang bisa semuanya, ada semuanya,

Portable, high Performance, Gaming Lancar dengan settinga Fps paling tinggi. GPU paling Cepat (min. RTX 2060) SSD Wajib 1 TB, RAM min. 32 GB

sitename
medcom.id

nah, setelah membaca ulasan diatas, sudahkah anda memnetukan laptop terbaik untuk anda. tinggalkan komentar, agar bisa saling berbagi dengan sahabat DB yang lain.

itulah Ulasan padat kami, mengenai panduan memilih laptop baik itu pemula, maupun yang advanced.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *