Plugin WordPress : Pengertian dan Fungsinya

Kali ini kita akan membahas secara lebih mendalam tentang plugin di wordpress, mulai dari pengertian, fungsi, cara instalasi dan cara hapus. Langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini.

Memahami Plugin WordPress

Plugin wordpress adalah Tool yang sangat penting ada dalam sebuah website wordpress yang memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan fungsionalitas sebuah website, melalui modifikasi tertentu dari sebuah kode original wordpress.

Jadi dengan Plugin anda hanya perlu melakukan install lalu setting, tanpa perlu melakukan editing banyak kode, kustomisasi jadi lebih mudah dan cepat.

dilihat dari namanya “plug” yang berarti memasang, ketika anda memerlukan plugin tersebut anda tinggal melakukan instalasi. dan apabila plugin tersebut sudah tidak di perlukan lagi anda tinggal melakukan “unplug”atau menghapus/deaktivasi.

Menginstal dan Mengaktifkan Plugin

Ada 2 cara untuk melakukan instalasi plugin wordpress

Install plugin dari library wordpress

untuk melakukan instalasi plugin pada cara ini, cukup dengan masuk pada dashboard wordpress anda, selanjutnya memilih menu plugin dan Add New.

pada halaman Add plugin, anda akan melihat beberapa menu diantaranya, Featured,Popular, Recommended, dan favorites

plugin wordpress

Featured : Merupakan daftar plugin yang di rekomendasikan oleh WordPress untuk di instal di website anda, biasanya tidak banyak, karena hanya developer plugin terpercaya, atau plugin resmi dari wordpress yang ada pada menu featured ini.

Popular : merupakan daftar plugin yang paling banyak di install dalam kurun waktu tertentu, bisa harian, mingguan atau bulanan.

Recommended : berisi daftar plugin yang di rekomendasikan oleh wordpress untuk website ada. Jika anda ingin melakukan instalasi dari menu ini. pastikan memilih plugin yang tepat

Baca Juga  WEB HOSTING 101:Trik Mendapatkan Web Hosting Indonesia Murah

Favorites :Biasanya, berisi sejumlah plugin yang sudah anda tandai sebagai wishlist anda untuk di instal.

dan kemudian Kolom pencarian. dengan mengetikkan kata kunci tertentu maka wordpress akan menampilkan sejumlah plugin yang ada dari librarynya.

setelah memilih plugin yang anda inginkan, maka tinggal memilih install, setelahnya memilih activate

plugin wordpress

Install Plugin dari file Zip atau third party

pada bagian berikut ini yaitu menginstal plugin dari file zip, atau kalau anda membeli plugin premium dari third party website seperti dari envato market, atau download manual dari wordpress.org, maka anda akan mendapatkan file .zip

Nah. untuk bisa mengaktifkan plugin tersebut anda harus, mengupload file plugin tersebut melalui menu dashboard – plugins – upload plugins. silahkan pilih file plugin, lakukan instalasi dan aktivasi.

Menghapus plugin

Adakalanya kita salah memilih plugin atau menginstal plugin yang memiliki fungsi sama lebih dari dan pastinya harus manonaktifkan salha satunya atau menghapus.

langkah-langkahnya adala sebagai berikut. Masuk ke dashboard, Sorot menu Plugin dan klik Installed Plugin. maka akan di tampilkan sejumlah plugin yang sudh terinstal di website anda. biasanya di nama plugin di urutkan berdasarkan abjad awal nama.

pilih plugin yang anda ingin hapus, lalu klik deactivate. maka secara otomatis, plugin tersebut tidak aktif lagi, selanjutnya untuk menghapus tinggal memilih delete.

plugin wordpress

Menginstal banyak plugin berpengaruh besar pada storage hosting yang anda punya, jadi pastikan anda menginstall plugin yang benar-benar mendukung performa dan fungsionalitas website anda.

jika ada plugin yg non aktif saran di hapus. karena sekalipun plugin tersebut nonaktif, tetap masih tersimpan dalam storage web hosting anda.

ini adalah sejumlah rekomendasi plugin yang anda bisa install

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *