Revolusi Industri 4.0 Pengertian dan Pengaruhnya di Masa kini

Halo Sobat,

kali ini kita akan mengulas informasi atau pengetahuan tentang revolusi industri 4.0, serta apa pengaruhnya dalam keseharian dan bahkan dalam perkembangan masa depan kita khususnya, umat manusia pada umumnya.

Dikatakan sebagai “Revolusi”, hal ini lebih mengacu pada perubahan secara tiba-tiba dan tidak bisa di hindari, dan tentunya bersifat memaksa untuk menerimanya. Ungkapan ini bisa saja seperti hiperbola, namun ada kebenaran didalamnya.

Pengertian Revolusi Industri 4.0

sejak Oktober tahun 2012 mulai muncul istilah industri 4.0, ini mengindikasikan, kurang dari 10 Tahun istilah ini muncul. rentang waktu ini tentu saja hanyalah sebentar dalam perkembangan sebuah industri.

Revolusi Industri 4.0 adalah sebuah Perubahan Besar dalam tren yang digunakan oleh manusia untuk memproduksi barang dengan teknologi sistem otomatisasi dan Komputerisasi.

Revolusi industri ini, mengindikasi sebuah terobosan besar dalam menghasilkan sebuah barang melalui teknologi yang amat canggih, perubahan besar dan terkesan radikal ini membawa dampak yang pastinya sangat besar di semua bidang.

Misal perubahan dari segi Ekonomi, Politik,budaya, hingga Militer. tentu saja akan banyak jenis alat dan pekerjaan yang hilang alias tidak terpakai lagi. namun akan muncul jutaan peluang kerja dan alat yang baru.

Sejarah

Industri 1.0

pada era industri in ditandai dengan di temukannya Mesin Uap dalam memproses dan memproduksi suatu barang. sebelum di temukannya Mesin Uap ini, manusia mengandalkan tenaga Otot, tenaga Air, dan juga memanfaatkan tenaga dari angin. Namun semuanya itu membutuhakan waktu yang lama untuk menghasilkan suatu barang yang siap digunakan.

Baca Juga  [SOLVED] Google Analytic Tidak Menampilkan data Website

pada era sebelum mesin uap di temukan, tenaga manusia begitu banyak di butuhkan untuk menjalankan mesin-mesin bertega air atau angin.

dan setelah mesin uap dimanfaatkan, maka tenaga manusia yang di butuhkan berkurang drasti, dan tentunya dimanfaatkan untuk bidan lainnya.

Industri 2.0

Penanda utama dari industri ini adalah di temukannya listrik, dan pemanfaatannya sebagai tenaga untuk memproduksi barang.

berkaca pada industri 1.0, dimana begitu banyaknya barang-barang berat yang tetap harus diangkut, terlepas dari sudah di temukannya mesin uap. maka hal yang menjadi konsentrasi pada era industri 2.0 adalah transportasi

maka di kenal era industri ini sebagai era assemble atau merakit. karena transportasi identik dengan mobil. maka produksi massal mobil juga menjadi penanda di era ini.

kebutuhan tenaga manusia pada era ini masih tetap besar di karenakan segala macam produksi item dari sebuah mobil di masih di lakukan dalam satu tempat.

Industri 3.0

Pada era ini kemajuan teknologi robot dan komputer mulai nampak. jika di urut, dapat dikatakan bahwa tenaga manusia diganti dengan mesin uap, selanjutnya melalui teknologi serial paralel, kegiatan produksi barang masih menggunakan tenaga manusia yang banyak.

Pada era industri 3.0 mulailah tenaga manusia di kurangi dalam hal produksi barang, digantikan dengan robot dan komputer.

selain robot dan komputer. era teknologi informasi mulai menjadi penanda di industri 3.0 ini.

revolusi industri 4.0
computerhope.com – colossus program komputer pertama

diawal ukuran komputer sangat besar, namun setelah perang dunia ke dua. saat di temukannya berbagai alit elektronik diantaranya, semi konduktor, transistor, IC (Integrated Chip), membuat ukuran komputersemakin kecil, dengan penggunaan daya listrik yang semakin kecil namun mempunyai kemampuan berhitung yang sangat fantastis.

Baca Juga  8 Rekomendasi Aplikasi Android Terbaik untuk Praktisi IT

Industri 4.0

Tenaga Manusia makin tidak diperlukan dalam jumlah yang banyak, pada era industri ini, atau lebih tepatnya seseorang bisa melakukan pekerjaan yang pada era industri sebelumnya dilakukan oleh 50 bahkan lebih orang.

Sekilas Revolusi Industri 4.0

Smartphone merupakan salah satu dari sekian banyak hasil dari fenomena industri 4.0 ini, hal ini di karenakan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi berkolaborasi untuk menghasilkan sebuah perangkat produktif.

kemudahan mengakses data serta membuat sebuah pembukuan yang dapat diakses dimana saja adalah juga menjadi penanda era industri 4.0 ini

simak 9 jenis teknologi utama penanda berkembangnya industri 4.0

9 teknologi yang menjadi pokok perkembangan industri 4.0

Internet of Thing (IoT)

revolusi industri 4.0 adalah

Internet of Thing (IoT) adalah konsep dimana suatu perangkat bisa melakukan transfer informasi tanpa melalui campur tangan manusia. sebagai contoh “Google Home” aplikasi ini mampu melakukan koneksi dan komunikasi ke berbagai perangkat elektronik rumah anda, mulai dari lampu, tv, Ac, Kulkas dll

Big data

Revolusi Industri 4.0

sebuah istilah untuk jenis processing data yang super besar. didalam nya termasuk data-data terstruktur maupun yang tidak. Big data banyak di gunakan dalam berbagai bisnis.

serta sangat membantu dalam menentukan arah bisnis kedepannya.

Augmented Realty

sitename

yaitu sebuah tenologi yang memadukan antara gambar 2D dan 3D kedalam dunia nyata, melalui tindakan proyeksi.

Cyber Security

Revolusi Industri 4.0

dengan maraknya berbagai serangan melalui internet maka muncullah teknologi Cyber Security, yaitu tindakan mengamankan informasi dari serangan cyber-attack

Artificial Intelligence

revolusi Industri 4.0

teknologi komputer atau mesin yang memiliki kemampuan dan kecerdasan layaknya manusia. bisa melakukan perintah dan melakukan konfirmasi informasi berdasarkan peerintah yang di berikan.

AI ini di perkirakan akan memiliki peran penting dalam dunia kedokteran. dan berbagai bidang lainnya.

Baca Juga  Kemampuan atau skill yang dibutuhkan industri 4.0

Addictive Manufacturing

sitename

Pernahkah anda mendengar atau bahkan melihat 3D printer? ya istilah Addictive manufacturing adalah sebuah terobosan dalam bidang manufaktur, untuk menghasilkan sebuah sebuah karya nyata berdasarkan skala dan atau berdasarkan barang aslinya

Simulation

sitename

hampir semua bidang saat ini melakukan apa yang dinamakan simulasi. hal ini di karenakan. tindakan ini memberikan gambaran akan kejadian sebenarnya, dan tentunya meminimalisir kesalahan yang terjadi

teknologi ini bisa menjadi terobosan yang sangat penting dalam berbagai bidang

System Integration

Revolusi Industri 4.0

beberapa sistem fisik dan atau non fisik terhubung dalam suatu rangkaian dan memiliki fungsionalitas yang sama.

Cloud Computing

sitename

menjadikan internet sebagai pusat dari pengelolaan data, informasi dan aplikasi adalah teknologi yang digunakan dalam sistem komputasi awan (Cloud Computing) proses akses dan setting banyak di lakukan melalui virtual server komputer,

Bersambung……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *