Pekerja IT : Jenis, kesulitan dan besaran Gajinya

Halo sobat DB, update lagi artikel kita kali ini.

setelah melewati masa-masa PSBB pandemi Covid 19 semoga sobat DB sekalian berada dalam keadaan yang sehat walafi’at. beberapa hal telah kita bahas selama masa-masa pandemi kemaren. walaupun sebenarnya masa itu belum berakhir hingga artikel ini di luncurkan seperti Inovasi teknologi yang berkembang saat Covid 19.

Juga karena banyaknya penggunaan pertemuan secara daring atau online. kita sempat bahas mengenai Zoom Meeting : Efek Negatif Mengerikan yang di.

Nah, pada artikel kali ini kita akan bahas seputar Pekerja IT, dimana kita akan kelompokan, jenis-jenis pekerjaan IT, tingkat kesulitan pekerjaannya, serta berapa sih besaran gaji para pekerja IT ini. Artikel ini tentunya sangat menarik, bagi sobat DB sekalian. karena pandemi covid 19 ini seperti membuka mata kita untuk sebuah hal baru yang harus kita kuasai. yakni makin melek teknologi

ini tentu saja karena segala aktivitas selama masa pandemi Covid 19, menuntut segala aktivitas agar berjalan dengan memanfaatkan teknologi. mulai dari bekerja (Work From Home), Meeting (Cloud meeting), bertransaksi, dan berbelanja.

Namun, tahukah sobat, bahwa segala aktivitas tadi melibatkan secara rutin dan secara spesial para Pekerja IT? ya. mereka mengambil peran secara luarbiasa selama pelaksanaan aktivitas secara daring/online. Berikut kita akan bahas secara khusus mengenai Pekerja IT ini karena bisa jadi sebuah potensi baru juga bagi anda.

Bidang IT itu sangat Luas. kali ini kita hanya akan membahas, jenis pekerjaan IT yang berkaitan dengan Develop, baik Apps, maupun Web atau dua-duanya. ini erat kaitannya dengan Software, untuk bidang IT yang berkaitan dengan Hardware, akan kita Bahas pada artikel selanjutnya.

Jenis – Jenis Pekerja IT

berbicara tentang IT (Information Technology) khususnya bagian developer, bidang pekerjaannya pun sangat banyak, kali ini kita akan bahas jenis pekerjaan IT beserta deskripsi pekerjaan serta kesulitan yang di hadapi.

  • DevOps
  • Back-End Developer
  • Data Engineer
  • Android Developer
  • iOS Developer
  • Front-End Developer

DevOps (Developer Operations)

Pekerja IT devops

Developer Operations atau sering di sebut dengan DevOps dapat di katakan merupakan cara pengembangan sebuah software terbaru yang awalnya berdiri sendiri karena perbedaan enviroment dimana perbedaan lingkungan antara pihak developer dan user dapat diatasi.

DevOps, memungkinkan pengembang dan pihak operasional merasakan pengalaman yang sama dalam menjalankan sebuah software. sehinggan kolaborasi dan komunikasi menjadi lebih baik. Jika adanya update rutin Sebuah Software, maka DevOps ini menjadi solusi ideal dalam pengembangan software yang terus menerus atau berkelanjutan

Baca Juga  email 101 : Pengertian Email dan Cara Membuat Akun Gmail

keahlian yang harus di miliki seorang DevOps diantaranya

  1. Fleksibilitas
  2. Security Skilss
  3. Collaboration Skill
  4. Scripting Skill
  5. Decision Maker
  6. Pengetahuan tentang Infrastruktur (Infrastructure Knowledge)

Tujuan Utama Developer Operations adalah menciptakan aplikasi agar lebih cepat, meningkat dan memberikan nilai produktif pada aplikasi tersebut. Update yang biasa disebut dengan minor/patch update adalah salah satu latihan terbaik untuk seorang DevOps

Menjadi Seorang DevOps tidaklah Mudah, selain Skill atau keahliah diatas, skill penting yang harus di miliki oleh seorang DevOps adalah Soft Skill. Hal ini Dev Ops Bukanlah Pekerjaan satu Orang saja. perlu integritas dan kemauan belajar yang terus menerus.

Back-End Developer

seorang Back-end Developer hal penting yang dipikirkan adalah bagaimana agar data API (Application Programming Interface) bisa aman, mengatur dan bahkan meminimalisir mungkin segala biaya penggunaan API, memikirkan database yang diperlukan agar bisa disesuaikan dengan cerita pengguna/user

back ende developer

Back end, sering juga di sebut sebagai server side, disebut back end developer. karena segala pekerjaan seorang back end, berada di belakang layar, fokus mereka adala pada database, scripting atau coding, serta mengatur arsitektur sebuah website agar mudah dikomunikasikan pada browser.

tugas dan tanggung jawab seorang back end developer diantaranya.

  • Create, integration & manage database
  • melalui framework back end untuk menciptakan software server-side
  • Banyak bekerja pada bidang yang berkaitan dengan teknologi server web
  • Melakukan integrasi cloud computing
  • Lebih banyak menggunakan Coding atau bahasa pemrograman server-side
  • bekerja pada OS server
  • mengelola dan mengembangkan content management system (CMS)
  • integrasi Application Programming Interface atau API
  • Mencegah peretasan dengan mengatur tingkat keamanan sebuah website
  • memberikan laporan analisis dan statistik data

Pekerja IT yang bekerja pada bidang ini dikenal sebagai pemecah masalah terbaik. hal ini karena setiap perintah dan masalah di selesaikan secara logis.

Skill yang harus dimiliki seorang Back end diantaranya

  • mampu bekerja pada proses analisis
  • Harus memiliki kemampuan problem-solving yang tinggi melalui perhatian detil pada script atau code yang di buat
  • Update secara real time kemajuan teknologi
  • Kemampuan menyampaikan bahasa yang tepat kepada User
  • Memiliki kemampuan yang sama, baik secara tim maupun individu

Data Engineer

Data engineer adalah pekerjaan professional yang mempersiapkan Infrastruktur BIG DATA yang siap di analisa oleh Data Scientist.

Baca Juga  Review WebsiteBos - Benarkah Potensi Baru jadi Blogger Profesional?

Data engineer, disebut juga sebagai software engineer, karena merekalah yang awal mula melakukan design, membangun, mengintegrasikan data dari berbagai sumber, dan mengatur Big data.

Data Engineer, sangat terkait dengan pekerjaan sebagai Data Scientist, dan data Analylist. ketiga pekerjaan ini saling membutuhkan, tidak bisa berdiri sendiri. berbeda dengan back end dan front End,yang kadang bisa dilakukan terpisah, atau dilakukan oleh orang yang sama.

sitename

Data Engineer harus mampu menguasai dan menggunakan program seperti NoSQL, Hadoop, dan Phyton. menguasai Databases, SQL, ETL Tools, Pipeline, shell script, dan basic programming.

Android Developer

Apa yang muncul di pikiran anda ketika mendengar kata “StartUp” ? bisa saja yang muncul di pikiran anda adalah, gojek,Tokopedia,bukalapak,Shopback, traveloka dll. dan itu benar karena aplikasi tersebut, muncul karena kreasi dan inovasi dalam bidang teknologi.

sitename

Menjadi seorang android developer, itu memiliki daya tarik yang luarbiasa. mengingat dunia sekarang semakin hari semakin mengandalkan digitalisasi proses, hampir semua bidang, tanpa kecuali.

Seorang Pekerja IT di bidang Android Developer, perlu memiliki beberapa keahlian dan karakter kerja seperti berikut ini.

  • Memiliki Visi yang jelas – Ini karena perkembangan teknologi yang sangat cepat, dibarengi dengan kebutuhan yang sangat tergantung pada perkembangan itu
  • Inovatif – ya, karena kekurangan ide, menjadikan aplikasi anda menjadi aplikasi sampah. perlu inovasi yang unik dan bisa berdaya guna bagi penggunanya.
  • Menguasai bahasa pemograman Java dan XML – Karena keduanya merupakan dasar pemrograman android
  • mahir Desain Grafis – erat kaitannya dengan UI (User Interface) Antar muka yang menjadi penilaian besar bagi pengguna
  • Perlu memikirkan bagaiman sebuah Apps, memiliki size seminim mungkin dan bisa beroperasi dengan baik, mulai dari Androi versi 5 – yang terbaru tanpa merubah tampilan dan performanya,

Ios Developer

Hampir sama dengan Android Developer. Seorang pekerja IT dalam bidang Ios Developer, perlu memiliki skill dan penguasaan bahasa pemrograman yang kuat.

sitename

Namun satu hal yang menjadikan seorang Ios Developer bisa memiliki sisi Exclusivitas tersendri, karena bidang pekerjaan ini memiliki pangsa pasar tidak sebnyak android namun, memiliki potensi penghasilan yang jauh lebih besar dibanding sebagai seorang Android Developer.

bisa jadi hal ini karena Perangkat berbasi Ios lebih banyak di miliki oleh kelas atas, yang mana, tanpa ragu mengeluarkan uang untuk membei sebuah aplikasi jika memnagn sangat bermanfaat. beberapa hal berikut adalah sebagian dari kebutuhan dan keahlian yang di butuhkan untuk menjadi seorang IoS Developer.

  • Perangkat Mac – ini syara mutlak anda miliki, baik itu macbook maupun IMac dengan sytem operasi OS X. karena hampir tidak bisa menggunakan platform lain seperti windows atau linux
  • Mahir menggunakan tools Xcode – Untuk membuat Ios app
  • Memiliki perangkat Ios (Iphone) – walaupun simulator pada Xcode ada, namun kebutuhan terhadap optimasi apps terlebih yang membutuhakn akses kamera. maka sangat di butuhkan perangkat IoS
  • Mendaftar sebagai anggota Apple Developer dengan biaya sekitar $99 untuk setahun
Baca Juga  17 Rekomendasi Video Tools Terbaik untuk Marketer [Part I]

Front End Developer

menjadi seorang pekerja IT di bidang Front End Developer tentunya sama penting dan bahkan memiliki permasalahan yang sama dengan back end Developer. karena menjadi seorang Front End Developer sangat petnting memiliki keahlihan seperti berikut ini

  • Web yang di kembangkan harus Bisa dibuka disemua Browser seperti Opera, IE,Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge,Safari dll dengan tidak merubah tampilannya.
  • Harus Bisa dibuka disemua perangkat baik mobile,aneka ukuran layar laptop mulai dari 1444px hingga 325px tanpa harus merubah proses atau alur yang dibuat
  • Pemilihan warna dan template yang tepat, agar user nyaman dan betah ketika Browsing
  • juga memperhatikan pengguna yang memiliki keterbatasan dalam hal fisik. agar mampu melakukan browsing secara nyaman.

Besaran Gaji Pekerja IT

Nah. setelah melihat jenis pekerja IT diatas, Berikut Gambaran Gaji dari masing-masing bidang seperti yang kita ulas diatas.

  • DevOps – Seorang Pekerja IT DevOps di bidang ini memiliki kisaran Gaji 7jt – 15 Jt
  • Back-End Developer – Dilansir dari situs Indeed Gaji seorang Back End Developer di indonesia rata-rata 6.4Jt
  • Data Engineer – Gaji Seorang Data Engineer berkisar mulai dari 7.5 jt
  • Android Developer – Gaji Seorang Android Developer berkisar mulai 6jtaan
  • IOS Developer – Gaji Seorang Ios Developer Rata-rata mulai dari 7.8 Jtaan
  • Front-End Developer – Gaji Front-end Developer berkisar mulai 6.9Jtaan

Besaran gajio Diatas adalah berdasarkan perkiraan dan atau rata-rata. namun bisa lebih Besar, tergantung dari perusahaan tempat bekerja, atau juga lokasi atau di kota mana anda bekerja.

tertarik menjadi seorang Pekerja IT? tinggalkan komentar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *