9 views

Mengatasi Error 503 Service Unavailable

Halo sobat DB,

Artikel kali ini adalah bagaimana mengatasi error 503 Service Unavailable, pada website sobat. kode error atau masalah seperti ini sering menimpa blog atau website sobat. nah, semoga informasi kali ini membantu sobat mengatasi masalah tersebut.

Error 503 Service Unavailable adalah sebuah kode tanggapan HTTP dari server, yang memberikan indikasi bahwa server sementara tidak dapat menangani request atau akses ke website sobat. Ada Dua kemungkinan eror ini terjadi, karena server sobat overload karena traffic, atau sedang dalam proses maintenance server.

Error 503 Service Unavailable

Error 500 merupakan respon kode terhadap internal server error. jadi pada intinya server atau website anda dalam keadaan baik. hanya saja saat ini mengalami kemungkinan kedua masalah tersebut. sehingga di respon dalam bentuk kode 503 internal server error.

Menemukan error yang bersifat internal ini cenderung rumit atau cukup komplex. karena terdapat lusinan kode HTTP yang menjadi penghubung antara klien, aplikasi berbasis web, server web, dan juga bahkan layanan web pihak ketiga dari website anda, seperti thema, atau plugin. ini bisa menjadi tantangan tersendiri untuk menemukan penyebab dari Error 503 Service Unavailable

Mari kita bahas satu demi satu seputar eror atau permasalahan ini

Permasalahan dari Sisi Server

berbeda dengan 502 Bad Gateway Error yang permasalahan tertuju lebih kepada ketidak tersediaan koneksi dalam jaringan. 503 Service Unavailable error kode ini hanya memberikan respon bahwa Server untuk sementara permintaan tersebut tidak dapat ditangani. dan ini sebenarnya website anda berfungsi sebagaimana mestinya. berbeda dengan Bad Gateway. jadi kode error 503 lebih mengarah kepada server yang menghosting Wwebsite sobat.

Baca Juga  Cara Memilih Niche Blog dan 18 Ide Blog Terbaik

jika anda adalah seorang web developer. tentu saja sangat mengharapkan server web, menyediakan sebuah halaman yang tentu saja ramah atau user friendly. hal ini akan membantu klien sobat dalam memastikan berapa lama harus menunggu. Bisa berupa tanggal atau berupa countdown timer. sebelum klien mulai mencoba akses kembali.

Namun Ini tentu saja jika masalah timbul karena server yang menghosting website anda, akan berbeda halnya justru karena penyebanya adalah aplikasi pihak ke tiga.

Mengatasi Error 503 Service Unavailable

Berikut beberapa langkah mengatasi error ini.

Lakukan Backup Secara Menyeluruh

Ini penting Karena biasanya setiap perubahan atau penyelesaian sebuah masalah pada website akan memberikan efek pada website anda ketika kembali berjalan Normal. Jika anda Menggunakan WordPress, bisa menggunakan Plugin back up untuk melakukan Backup.

Salah satu Plugin Backup Rekomendasi DB adalah UpdraftPlus WordPress Backup Plugin

Melakukan Diagnosis Error 503

Seperti Sudah Disampaikan bahwa Error kode 503 ini bahwa server, dalam hal ini server yang menghosting website atau aplikasi anda, untuk sementara tidak dapat ditangani. jika server anda Dalam Keadaan masa Maintenance, tentu saja yang bisa anda lakukan cukup menunggu saja.

dalam kondisi demikian tidak ada yang dapat anda lakukan selain, menunggu pihak administrator server menyelesaikan masalah maintenance ini.

Jika Server tidak dalam maintenance, atau hosting server anda dalam keadaan yang baik-baik saja dalam artian berjalan normal. coba perhatikan apakah server anda down karena overload traffic. bisa anda lihat juga melalui Google analytics.

Server menolak Permintaan akses karena beban berlebih akibat traffic tidak terduga, juga menjadi alsan kenapa muncul Error 503 Service Unavailable. Coba kontak administrator server anda untuk membatasi traffic tidak terduka tersebut.

Baca Juga  101 WP: Cara Menggunakan Wordpress Untuk Membuka Bisnis Online

Mematikan Semua Plugin untuk Sementara

Error 503 ini muncul bisa jadi karena ada plugin yang tidak kompatible dengan website atau wordpress sobat. cobalah dengan Mematikan atau menonaktifkan semua plugin. dan coba akses website sobat. Jika berjalan Normal berarti ada salah satu Plugin yang menjadi penyebab munculnya kode error 503.

Mematikan plugin cari paling sederhada dan cepat adalah melalui Cpanel – File Manager – Public_Html – Wp-Content – Rename pada Folder Plugin.

Maka Secara Otomatis semua Plugin anda akan dimatikan. untuk kembali mengaktifkan cukup dengan mengembalikan nama folder tersebut.

Selanjutnya aktifkan kembali plugin tersebut satu persatu sambil memantau website sobat. ketika menemukan plugin yang menjadi sumber masalah segera uninstall atau deactivated.

Mengubah tema ke Default tema

Jika anda menggunakan tema gratis atau tema premium. cobalah menggunakan tema default dari wordpress misalnya Twenty Six Themes. Jika Website anda berjalan normal setelah mengganti thema, berarti ada permasalahan yang terjadi pada tema sebelum yang anda gunakan.

Jika anda membeli Tema Premium, hubungi pengembangnya dan katakan bahwa tema yang anda beli menyebabkan Error 503. Minta Penggantian file tema yang baru. Kenapa Tema bisa menyebabkan error 503, hal ini bisa jadi ada kode terstentu dalam tema tersebut, Seperti components, HTML, CSS, JavaScript yang menjadi penyebabnya.

Jika anda menggunakan tema gratisan, cukup jangan menggunaan tema yang sama.

Mematikan Sementara API HeartBeat

Install Plugin HeartBeat Control Terlebih dahulu, untuk memudahkan anda mematikan sementara.

Heartbeat merupakan API bawaan yang ada di WordPress yang memiliki fungsi yang cukup dibutuhkan yaitu, menyimpan Artikel Secara otomatis atau Auto save, juga menampilkan notifikasi plugin, jika web anda multi User, maka API ini akan memberitahukan kepada anda siapa saja yang melakukan editing artikel.

Baca Juga  7 Plugin SEO wordpress TERBAIK Paling REKOMENDASI

Perbaiki Custom PHP

Jika error ini tak kunjung hilang. coba aktifkan mode Debug, untuk mencari tahu apakah ada error PHP yang muncul. jika ada perbaiki error tersebut.

Debugging yang anda lakukan juga bisa dengan melihat .log Files, yaitu history apa saja yang terjadi selama web anda seblumnya berjalan normal.

Jika anda masih kesulitan memahami dan mengatasi error tersebut diatas, coba perdalam lagi pengetahuan anda melalui E-course dari WebsiteBos. barangkali Hal Ini selain membantu anda mengatasi error yang muncul. juga bisa membantu anda mengelola sebuah website dengan profesional.

jago Bikin website dengan Daftar E-course Website Bos

Error 503 Service Unavailable

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *