Efek Negatif Zoom Meeting Yang Mengerikan

Efek Negatif Zoom Meeting Yang Mengerikan – Di tengah Pandemi wabah corona yang melanda banyak negara di dunia, termasuk indonesia. Menimbulkan berbagai keputusan dan cara baru dalam melakukan komunikasi untuk menghindari Kontak Fisik.

salah satu tren yang sangat populer adalah bekerja dari rumah (Work From Home) atau yang lebih sering di singkat WFH, Selain Bekerja juga proses belajar mengajar bagi para siswa dan mahasiswa juga di lakukan dari rumah. Nah, Bagaimana Proses semua itu dilakukan dari rumah?

Melakukan semua dari rumah yang berkaitan dengan kegiatan diatas, pastinya di lakukan secara daring atau online. Tren yang paling populer adalah penggunaan Aplikasi ZOOM MEETING.

Zoom meeting menjadi salah satu solusi paling tepat di tengah diterapkannya social distancing atau physical distancing. hampir semua bidang yang melakukan segala kegiatan dari rumah selama masa pandemi virus COVID-19 ini menggunakan aplikasi atau web zoom.

Pentingnya Zoom Meeting di saat Social Distancing

Seperti dikatakan diatas, Zoom meeting menjadi solusi paling tepat dimasa saat ini. karena melalui aplikasi ini, proses kerja dan meeting, semua bisa tetap dilaksanakan. juga kegiatan belajar mengajar tetap Berjalan.

Bahkan beberapa operator selular di tanah air, menyediakan paket khusus. untuk menjalankan aplikasi atau platform video konferensi ini. tentunya ini merupakan sebuah dukungan bagi masyarakat dalam menjalankan kegiatan dari rumah dan membutuhkan Aplikasi ini.

Namun, ditengah euforia menikmati kemudahan pemakaian platform ini. ada hal krusial yang tidak disadari oleh penggunanya. ada Efek Negatif Zoom Meeting yang mengerikan yang dihadapi atau bahkan terjadi selama penggunaan aplikasi Zoom ini.

Baca Juga  8 Rekomendasi Aplikasi Android Terbaik untuk Praktisi IT

Efek Negatif Zoom Meeting Yang Mengerikan

Bahkan Sekelas FBI (Federal Bureau of Invetigation), sudah mengeluarkan peringatan bahaya dibalik penggunaan aplikasi Zoom ini, di tengah semakin meluasnya penerapan jarak sosial selama wabah COVID-19.

Tren mengerikan ini disebut sebagai ZOOMBOMBING. banyak pengguna platform video konferensi ini melaporkan bahwa pertemuan, atau rapat yang dilakukan diambil alih oleh orang tak dikenal. serta parahnya menampilkan berbagai tindakan Negatif di layar, dimana bisa disaksikan oleh peserta pertemuan atau siswa/siswi yang sedang belajar.

tindakan negatif yang di laporkan, bervariasi, mulai dari kata-kata kotor, tindakan rasisme, bahkan ada yang menggambar alat kelamin di layar, atau penjelasan yang tidak masuk akal kepada para siswa mengenai alkohol yang baik untuk di konsumsi.

Apa yang dimaksud dengan Zoombombing?

Zoombombing merupakan jenis serangan yang dilakukan lewat internet, atau serangan cyber. yaitu sebuah tindakan membajak obrolan tele konferensi pada platform Zoom.

Berdasarkan laporan pengguna Zoom, pertemuan online mereka terganggu denagn munculnya aktor asing/luar, yang melukiskan gambar serangan ke seseorang, atau share gambar atau video porno, berbagi informasi orang lain (doxxing), atau mengejek peserta pertemuan dengan ucapan ancaman atau ucapan kebencian.

Namun, proses pembajakan ini biasanya aktor luar bisa masuk dalam telekonferensi Video karena tersebarnya secara luas ID rapat di tangan orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Efek negatif zoom meeting ini pastinya membawa ketidaknyamanan dalam konferensi video

Target Zoombombing

sejauh ini dari tanah air belum ada laporan resmi, akan adanya pembajakan melalui platform video konferensi Zoom.

namun, mengingat semakin populernya platform ini, tentunya memunculkan orang-orang iseng yang ingin mengacaukan sebuah pertemuan atau belajar online.

berdasarkan pantauan dari PCmag Melaporkan Zoombombers sebutan untuk pembajak platform Zoom menargetkan komunitas Seperti Sekolah dan universitas, organisasi, dan parahnya semua itu dilakukan oleh pembajak sambil merekam dan membagikannya ke youtube dan tiktok.

Baca Juga  Iklan Membosankan? Simak 10 Teknik CopyWriting yang menarik ini

Tanggapan Zoom mengenai Zoombombing

Melihat fenomena seperti ini, juru bicara Zoom, mengatakan mulai secara aktif mendidik penggunanya dalam menggunakan aplikasi Zoom secara aman, dalam rangka mencegah terjadinya tindakan -tindakan negatif dalam penggunaannya.

Cara melindungi pertemuan anda dar ZoomBombing

Rekomendasi berikut ini adalah rekomendasi dari FBI. hal ini bertujuan menghindari efek negatif zoom meeting

  • Gunakan Metode Meminta kata sandi rapat ke Host, atau menggunakan fitur tunggu, untuk merngontrol partisipan. dan jangan membuat rapat atau ruang kelas yang terbuka untuk umum.
  • Jangan share link telekonferense anda di media sosial atau Status Whatsapp.
  • Aktifkan layar ke opsi “Only Host”
  • Update aplikasi Zoom ke versi terbaru.

Download Zoom Meeting

Pastikan selalu menggunakan telekonferense Video dar Zoom dengan bijak menghindari efek negatif zoom meeting. namun pastinya, pihak Zoom akan memperbaharui tingkat keamanan platformnya ini.

baca juga 6 Langkah Mudah Menghapus Pesan WA Yang Sudah Terkirim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *