3 Inovasi Teknologi yang berkembang di saat Pandemi Covid-19

Sudah hampir 7 bulan sudah sejak pandemi Virus Corona atau yang sering di sebut Covid-19, Melanda hampir seluruh dunia yang dimulai dari sebuah kota di cina yaitu Wuhan.

dari sisi teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) banyak digunakan untuk memerangi wabah ini dengan menghadirkan berbagai inovasi teknologi yang mendukung upaya menahan penyebaran wabah covid-19 secara global.

Terdapat 3 bidang utama yang mana mengembangkan teknologi inovatif, yang bertujuan untuk Membantu krisis di tengah musibah ini.

3 inovasi teknologi saat Pandemi Covid-19

1. Alat bantu Pernafasan

Seperti Kita Ketahui, virus corona, menyerang sistem pernafasan, dan ini sangat mematikan apalagi jika korban memiliki riwayat penyakit ayng berkaitan dengan sitem pernafasan, paru, dan tenggorokan. maka tentunya virus ini akan lebih mudah berkembang dan mengakibatkan kematian.

Alat bantu Pernafasan adalah yang paling penting di butuhkan ketika seseorang sudah terinfeksi virus ini. tidak heran banyak perusahaan dan bahkan universitas bergerak membuat alat bantu pernafasan ini, yaitu ventilator. fungsi utama dari alat ini adalah membantu menyuplai Oksigen kedalam paru-paru.

inovasi teknologi cpap ventilator
viaglobalhealth.com

Namun, dengan kebutuhan yang sangat banyak, menyebabkan kekurangan yang sangat kritis. karena hampir semua negara berlomba-lomba mendapatkan alat bantu pernafasan CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) ini.

Di perlukan Inovasi teknologi dalam mengatasi krisis ini adalah sebuah perusaah Otomotif. YA! PERUSAHAAN OTOMOTIF.

Perusahaan Automotive Sport : Marcedes Formula One yang bermarkas di inggris, bekerjasama dengan Para Dokter dan Insinyur dari 2 Universitas (University College London & College London Hospital) membuat sebuah alat bantu pernafasan untuk mendorong oksigen ke paru-paru tanpa menggunakan Ventilator

Baca Juga  17 Rekomendasi Video Tools Terbaik untuk Marketer [Part I]
Designs for Life-saving Breathing Aid to be Made Freely Available inovasi teknologi
mercedesamgf1.com

peralatan hasil produksi Marcedes F1 ini di yakini mampu mengurangi kebutuhan ventilator mekanik, yang selama ini menjadi andalan dalam dunia medis.

satu hal yang paling penting adalah, desain buatan perusahaan F1 ini bersifat Open Source, Jadi Bebas di produksi oleh perusahaan manapun.

2. Pelacak Penyebaran (Spread Tracing)

Penyebaran virus ini sangat cepat, hanya dalam kurun waktu singkat, bisa menyebabkan orang positif hingga ribuan orang. dan hampir berbanding lurus dengan jumlah kematian yang disebabkannya.

membuat sebuah inovasi teknologi yang mampu melacak penyebaran virus ini, sejauh ini sangat terbukti Efektif menahan penyebaran Covid-19.

bahkan Perusahaan Google dan Apple Bekerjasama membangun sebuah proyek yang mengandalkan teknologi sinyal jaringan berbasis Bluetooth pada ponsel untuk melacak penyebaran jarak pendek.

namun teknologi ini tidak berhenti disitu saja, adalah sebuah perusahaan dari Swiss Liechtenstein, membuat gelang biometrik untuk melacak covid-19 secara realtime, dan memberikan sebuah sistem peringatan dini.

Gelang Biometrik ini mempunyai teknologi yang tertanam dengan mengumpulkan data tentang metrik diantaranya, suhu tubuh dan kulit, kecepatan pernafasan, detak jantung, data ini akan terkirim langsung ke sebuah laboratorium untuk di analisis.

baca juga aplikasi penting bagi praktisi IT

sitename
getpopular

Yang menjadi harapan dari inovasi teknologi gelang Biometrik ini, mampu mengidentifikasi gejala COVID-19. Bahkan sebelum gejala terlihat

3. Perawatan Pasien Positif

Jumlah yang sudah melampaui 2 juta jiwa di seluruh dunia, menempatkan tenaga medis secara khusus berada dalam tekanan. walaupun memang tidak semua pasien dirawat di rumah sakit.

untuk perawatannya sendiri pun harus adanya inovasi teknologi yang membantu perawatan pasien postif.

di china sudah ada robot yang dikendalikan dari jarak jauh untuk membantu tenaga medis, seperti mengambil Penyeka Mulut untuk menguji virus, melakukan scan ultrasound untuk menggantikan steteskop,

Baca Juga  Cara melihat Instagram Stories Tanpa Ketahuan Pemiliknya: Simak 4 cara ini
sitename
voanews

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasaan Buatan, juga berperan dalam perawatan pasien Covid -19, adalah sebuah perangkat “EMERALD” yang di pasang di ruang pasien Covid -19 untuk memnatau kesehatan pasien tersebut.

melalui Sinyal wireless yang memental dari tubuh pasien akan menganalisis perubahan Sinyal untuk memastikan kecepatan pernafasan, pola tidur, dan setiap aktivitas dari pasien tersebut. data-data iniakandi tinjau oleh dokter, untuk tindakan lebih lanjut.

Yakinlah bahwa wabah ini pasti akan segera berakhir, berbagai perusahaan dari berbagai bidang akan memberikan sumbnagsi terbaik untuk mengakhiri pandemi ini. dan pastinya inovasi teknologi di tengah pandemi ini akan berdampak sangat besar, untuk menahan, bahkan memutus penyebaran virus Corona (Covid-19) ini.

inilah 3 inovasi yang sangat penting di tengah wabah covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *