10 Tips Menghindari Penipuan Phishing

sitename

digitbinary – Tidak ada yang ingin menjadi korban penipuan phishing. Namun, ada alasan kuat mengapa penipuan semacam itu akan terus berlanjut, tentu saja ada hal yang cukup menguntungkan  dari tindakan ini, terutama bagi mereka yang kita sebut penjahat atau kejahatan dunia maya (Cyber Crime). tujuan utama dari kegiatan ini tak lain adalah  untuk menghasilkan uang dalam jumlah besar.

Skema phishing ini telah ada hampir sejak awal Internet, dan tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari menjadi korban.

Berikut adalah 10 Tips Menghindari Penipuan Phishing:

Sebelum kita masuk pada Tips Pahami terlebih dahulu pengertian, arti darri kata phising

Apa itu Phising?

Phising berasal dari kata Fishing atau memancing. yang merupakan tindakan atau upaya yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dari seseorang dengan cara mengelabui (biasanya memberikan link tertentu saat browsing).

Perlu di perhatikan. Data-data yang menjadi target utama dari tindakan ini adalah data-data krusial, seperti :

  • Data Login (username, password)
  • Data pribadi (Nama, Usia, Alamat, hobby,dll)
  • Data keuangan atau finansial (Bank,No kartu kredit, No rekening)

Dan masih banyak data penting lainnya. sudah dengar atau baca berita mengenai telkom menjual data browsing konsumennya . Itu merupakan salah satu tindakan Phising.

10 Tips Menghindari Penipuan Phishing

Tetap Update Terkini tentang Teknik Phishing

Skema phishing baru selalu dibuat. Anda mungkin secara tidak sengaja menjadi korban salah satu metode phishing baru ini jika Anda tidak mengikutinya. Awasi pembaruan tentang skema phishing yang muncul.

Anda akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terjerat olehnya jika Anda mengetahuinya sesegera mungkin. Pelatihan kesadaran keamanan berkelanjutan dan phishing simulasi untuk semua pengguna sangat disarankan bagi administrator TI untuk menjaga keamanan di garis depan pikiran mereka di seluruh bisnis.

Pertimbangkan Sebelum Mengklik!

Saat Anda berada di situs web tepercaya, mengeklik tautan dapat diterima. Mengklik tautan di email acak dan pesan instan, di sisi lain, bukanlah ide yang bagus. Arahkan kursor ke tautan apa pun yang Anda tidak yakin sebelum mengekliknya.

Apakah akan di arahkan ke link yang seharusnya? Email phishing mungkin mengaku berasal dari perusahaan yang memiliki reputasi baik, dan ketika Anda mengikuti tautan ke situs web, itu mungkin terlihat identik dengan situs web yang sebenarnya.

Email mungkin meminta Anda untuk mengisi informasi, tetapi mungkin tidak menyertakan nama Anda. Sebagian besar email phishing akan dimulai dengan “Pelanggan yang Terhormat”, oleh karena itu waspadalah terhadap komunikasi ini.

Jika ragu, langsung ke sumbernya daripada mengklik tautan yang mungkin berbahaya.

Install Tool Bar Anti-Phishing

untuk Menghindari Penipuan Phishing Toolbar anti-phishing dapat ditambahkan ke sebagian besar browser Internet utama. Tool bar ini melakukan pemeriksaan singkat pada situs web yang Anda kunjungi dan membandingkannya dengan daftar situs phishing yang dikenal. Jika Anda mengunjungi situs web berbahaya, tool bar akan memberi tahu Anda. Ini adalah lapisan pertahanan tambahan terhadap penipuan phishing, dan ini benar-benar gratis.

Periksa Keamanan Situs Web

Dapat dimengerti jika merasa khawatir dalam memberikan informasi keuangan yang sensitif secara online. Namun, selama Anda berada di situs web yang aman, Anda seharusnya baik-baik saja. Sebelum memasukkan informasi apa pun, pastikan URL situs dimulai dengan “https” dan ada ikon kunci tertutup di dekat bilah alamat.

Selain itu, cari sertifikat keamanan situs. Jika Anda menerima peringatan bahwa situs web tertentu mungkin berisi file berbahaya, jangan buka. Mengunduh file dari email atau situs web yang meragukan bukanlah ide yang bagus. Bahkan mesin pencari dapat menyediakan tautan yang mengarahkan konsumen ke situs web phishing yang mengiklankan barang murah.

Jika pengguna melakukan pembelian di situs web tersebut, peretas akan mendapatkan akses ke informasi kartu kredit pengguna.

Periksa Akun Online Anda Secara Teratur

Jika Anda sudah lama tidak mengakses akun online, orang lain mungkin sedang sibuk dengannya. Periksa dengan setiap akun internet Anda secara sering, bahkan jika itu tidak benar-benar diperlukan. Biasakan untuk mengubah kata sandi Anda secara teratur. ini merupakan salah satu cara Menghindari Penipuan Phishing

Tips Menghindari Penipuan Phishing

Untuk menghindari penipuan phishing bank dan phishing kartu kredit, Anda harus memeriksa laporan mutasi Anda secara teratur. Dapatkan laporan bulanan untuk rekening bank Anda dan tinjau setiap item dengan cermat untuk memverifikasi tidak ada transaksi penipuan yang terjadi tanpa sepengetahuan Anda.

Perbarui Peramban / browser Anda

Pembaruan keamanan untuk browser utama diterbitkan secara teratur. Mereka tersedia sebagai tanggapan terhadap kelemahan keamanan yang selalu ditemukan dan dieksploitasi oleh phisher dan peretas lainnya. Berhenti mengabaikan pemberitahuan yang memberitahu Anda untuk memperbarui browser Anda. Unduh dan instal pembaruan apa pun segera setelah tersedia.

Manfaatkan firewall

Firewall berkualitas tinggi berfungsi sebagai penghalang antara Anda, komputer Anda, dan penyerang dari dunia luar. Ada dua jenis firewall untuk digunakan: firewall desktop dan firewall jaringan. Yang pertama adalah jenis perangkat lunak, sedangkan yang kedua adalah bentuk perangkat keras.

Ketika digunakan bersama-sama, mereka secara signifikan meminimalkan kemungkinan peretas dan phisher memasuki komputer atau jaringan Anda.

Berhati-hatilah dengan Pop-Up

Jendela pop-up sering kali menyamar sebagai komponen situs web yang sah. Namun, terlalu sering, ini adalah upaya phishing. Tips Menghindari Penipuan Phishing – Anda dapat melarang pop-up di banyak browser umum, dan Anda dapat mengaktifkannya berdasarkan kasus per kasus di browser lain. Jika Anda berhasil menyelinap melalui celah, jangan klik opsi “batal”; tombol seperti itu sering kali tertaut ke situs phishing. Sebaliknya, klik “x” kecil di sudut kanan atas jendela.

Jangan Pernah Memberikan Informasi Pribadi

Sebagai pedoman umum, Anda tidak boleh mengungkapkan informasi pribadi atau keuangan melalui Internet. Peraturan ini berasal dari masa America Online, ketika pengguna secara teratur diperingatkan karena popularitas skema phishing awal.

Jika ragu, kunjungi situs web resmi perusahaan, dapatkan nomor telepon mereka, dan hubungi mereka. Sebagian besar email phishing akan mengarahkan Anda ke halaman di mana Anda harus memasukkan uang atau informasi pribadi. Pengguna Internet tidak boleh memasukkan informasi sensitif menggunakan tautan yang diberikan dalam email. Jangan pernah mengirimkan informasi penting melalui email kepada siapa pun.

Situs web yang aman akan selalu dimulai dengan “https”.

Gunakan Perangkat Lunak Antivirus

Ada beberapa manfaat menggunakan perangkat lunak antivirus. Perangkat lunak antivirus memiliki tanda tangan khusus yang melindungi dari solusi dan kelemahan teknologi yang diketahui. Pastikan saja perangkat lunak Anda mutakhir. Definisi baru diperkenalkan secara teratur karena penipuan baru ditemukan secara teratur.

Untuk mencegah upaya phishing, pengaturan antispyware dan firewall harus digunakan, dan pengguna harus memperbarui aplikasi mereka secara teratur. Dengan mencegah serangan, pertahanan firewall membatasi akses ke file berbahaya. Perangkat lunak antivirus memeriksa setiap file yang masuk ke komputer Anda melalui Internet.

Tips Menghindari Penipuan Phishing Ini membantu dalam pencegahan kerusakan sistem dan Menghindari Penipuan Phishing

Anda tidak perlu takut dengan skema phishing. Anda seharusnya dapat memiliki pengalaman online tanpa rasa khawatir jika Anda mengingat rekomendasi sebelumnya.

Ingatlah bahwa tidak ada metode yang sangat mudah untuk menghindari upaya phishing.

Suka Blogging - Mau Jadi Vlogger - belajar menjadi SEO Expert

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.